Mengatur, Diatur dan Teratur

Mengatur menurut KBBI adalah adalah membuat (menyusun) sesuatu menjadi teratur (rapi). Mengatur juga berarti menata. 

Jadi, mengatur itu adalah proses mengurus sesuatu. Sedangkan, diatur adalah objek atau subjek yang ditata, dikelola, dan disusun. Kemudian, teratur adalah kesesuaian antara pelaksanaan dan aturan.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita harus bisa mengatur, diatur dan teratur. Jangan sampai hidup kita amburadul (ambyar). Kita jangan suka mengatur-atur orang lain terus. Kita jangan suka diatur-atur orang lain terus. Tetapi, hidup kita harus teratur.

Biarkan orang lain berkembang menjadi lebih baik dengan jati dirinya sendiri, jangan terlalu banyak kita yang ngatur. Kasihan, jangan disakiti dengan cara ironi. Jangan mengendalikan orang lain, biar dirinya sendiri yang mengendalikan dirinya. Karena sudah tanggungjawabnya, tugas kita adalah membimbing, menasehati, mendukung, menegur dan sebagainya. Bukan mengendalikan hidup orang lain. Ingat itu!

Perjuangkan diri kita sendiri yang berkembang menjadi lebih baik dengan jati diri kita sendiri, bukan diatur-atur orang lain terus. Jangan dikendalikan orang lain, tidak boleh. Orang lain tidak boleh mengotak-ngatik urusan hidup kita. Bahaya, hidup kita bisa amburadul. Kita hanya perlu bimbingan, teguran, nasehat, binaan, arahan dan sebagainya dari orang lain. Bukan hidup kita dikendalikan orang lain. Paham!

Sudah seharusnya hidup kita teratur, jangan amburadul apalagi ambyar sampai bubar. Hidup kita harus teratur! Disiplin, rapih dan bersih. 

Ada kata-kata motivasi Heri Maulana Sidik, yakni "Bisa mengatur dan diatur, hidup akan teratur".

Belum ada Komentar untuk "Mengatur, Diatur dan Teratur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel