Main Catur Memang Rumit, Tetapi yang Lebih Rumit adalah Kehidupan Sesungguhnya

Bermain catur tentunya adalah hal yang menarik, karena selain bermain logika juga siasat akal sehat. Walaupun begitu, bermain catur merupakan hal yang rumit. Karena, bermain catur itu apabila kita belum menguasai medan papan catur, maka kita akan habis kena siasat yang sudah ahli main catur. Satu dua kali melangkah udah skakmat. 

Tetapi yang sesungguhnya lebih rumit adalah kehidupan yang nyata. Kalau bermain catur kalah, tidak akan membuatmu serendah kalah dalam kehidupan. Kalau bermain catur sudah skakmat, tidak akan membuatmu serendah skakmat dalam kehidupan.

Kehidupan sesungguhnya, apabila kita satu kali melangkah saja sudah salah apalagi kalah ataupun skakmat, itulah perihnya kehidupan sesungguhnya dibanding bermain dalam papan catur.

Jangan samakan hidup kita dengan logika papan catur. Hidup itu bukan saling mematikan, saling menjatuhkan, atau saling menikam. Tetapi, saling mendukung, saling menasehati, saling tolong menolong dan saling memberikan kasih sayang antara sesama makhluk. Walaupun demikian, persaingan ataupun daya saing, berlomba-lomba dalam kebaikan perlu tetap ada. Persaingan yang sehat. Persaingan yang baik. Persaingan untuk saling mendukung.

Belum ada Komentar untuk "Main Catur Memang Rumit, Tetapi yang Lebih Rumit adalah Kehidupan Sesungguhnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel