Empalalue, Gaya Teriakan Lompat ke Kolam/Danau untuk Berenang alias Ngojayy khas Legokherang

Berenang adalah salah satu aktivitas olahraga yang tentunya sangat menyenangkan bagi beberapa orang, terutama bagi mereka yang udah ahli berenang. Berenang juga termasuk sebagai aktivitas yang baik dilakukan dan juga termasuk sebagai aktivitas yang dianjurkan dalam agama Islam.

Nah, ada yang unik dari sebuah desa di perbatasan antara Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah, yakni di Desa Legokherang, kec. Cilebak, kab. Kuningan, prov. Jawa Barat yang berbatasan langsung dengan ds. Kutaagung, kec. Dayeuhluhur, kab. Cilacap, prov. Jawa Tengah.

Remaja-remaja Legokherang, biasanya ketika ngojay (alias berenang) mereka mempunyai sebuah teriakan unik ketika meloncat, yakni teriakan "EMPALALUE". Dimana teriakan tersebut membuat loncatan kita terasa begitu berenergik dan tentunya menjadi semakin semangat untuk berenang.

Teriakan Empalalue ini sudah ada sejak zaman dahulu. Namun, awal mula dipakainya tersebut belum diketahui. Inilah sebuah tradisi yang unik, menarik dan juga mengundang empatik.

Empalalueeeeee, kecemplung,,, ceburrrr,,, seger,,, ngojay terus,,,, biar sehat badan kuat otak cermat... Kecebak-kecebuk... Kecebak-kecebuk... Seruuu dehh.

Belum ada Komentar untuk "Empalalue, Gaya Teriakan Lompat ke Kolam/Danau untuk Berenang alias Ngojayy khas Legokherang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel